|
Selamat Datang, Register | Login
Home » Presensi Jakarta » 44 Ribu SD Jalankan Kurikulum Baru

44 Ribu SD Jalankan Kurikulum Baru

Rabu, 13 Maret 2013 10:56:26  •  Oleh : redaksi  •    Dibaca : 284
44 Ribu SD Jalankan Kurikulum Baru

Tidak kurang dari 44.609 atau sekitar 30 persen dari 148.695 sekolah dasar yang ada di Indonesia, bakal menjalankan Kurikulum 2013. Disampaikan oleh Direktur Pembinaan SD Kemdikbud, Ibrahim Bafadal, dari jumlah itu komposisi SD negerinya sebayak 90 persen, sisanya (10 persen) SD swasta. Terpilihnya SD-SD itu untuk menerapkan kurikulum baru didasarkan pada data pokok pendidikan (dapodik) yang dimiliki Kemdikbud.

“Dari dapodik itu kita seleksi berdasarkan tiga kriteria, yakni level akreditasi; ketenagaan dan sumber daya manusia; serta kriteria sarana dan prasarana,” jelas Ibrahim Bafadal, Selasa lalu.

Lebih lanjut, Ibrahim Bafadal menyebut bila kriteria level akreditasi yang digunakan yakni A dan B. Sedang dari sisi ketenagaan, SD tersebut harus memiliki enam guru kelas, satu kepala sekolah, guru agama, serta guru pendidikan jasmani dan kesehatan. Soal kriteria sarana dan prasarana, Ibrahim Bafadal tidak mengharuskan SD memiliki sarana yang mewah. Asal memadai dan rasionya mencukupi.

“Setelah kami tetapkan jumlah sebanyak itu, sampai hari ini tidak ada kota atau kabupaten yang keberatan sekolah diwilayahnya bakal menerapkan kurikulum 2013. Bahkan sudah ada yang meminta buku agar bisa segera digandakan,” jelasnya.

Jika tahun 2013 baru 30 persen SD yang kelas 1 dan kelas 4 yang akan menjalankan kurikulum 2013, kata Ibrahim, di tahun 2014 seluruh SD kelas 1, kelas 2, kelas 4, dan kelas 5 akan sepenuhnya menjalankan kurikulum tersebut. Sedangkan untuk kelas 3 dan kelas 6 baru akan menjalankannya pada tahun 2015..her-KP

Baca "Presensi Jakarta" Lainnya

Komentar Anda